Wednesday, June 8, 2016

SAYUR PENURUN KOLESTEROL

SAYUR PENURUN KOLESTEROL - Kolestrol yang berlebihan sangat berbahaya bagi tubuh kita karna dapat mengakibatkan pemicu kegemukan, untuk mengurangi masalah kegemukan sangat dianjurkan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan rendah kalori, berikut adalah beberapa sayuran yang dapat menurunkan kolesterol yang dapat mengakibatkan obesitas. 



  • Bayam

Sayur bayam termasuk dalam salah satu sayuran penurun kadar kolesterol darah. Pada sayuran bayam terdapat zat yang amat penting, bernama lutein, sangat berguna bagi kesehatan dan ketajaman fungsi mata. Bayam juga melindungi jantung dari berbagai kerusakan dengan mencegah lemak menempel pada pembuluh darah.

  • Buncis

Buncis diperkaya dengan serat pangan yang memiliki kemampuan dalam hal mengurangi kolesterol dan mencegah kenaikan gula darah. Buncis dapat diolah dengan cara dibuat jus kacang buncis.Buncis termasuk sayuran yang rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh penderita diabetes atau resistensi insulin.


  • Brokoli

Brokoli dapat menurunkan kolesterol. Brokoli dapat diolah dengan cara mengukus brokoli .Serat pada brokoli secara mekanik mengikat asam empedu di saluran pencernaan dan kemih, sehingga jumlah kolesterol lama kelamaan akan terkuras dari dalam tubuh. Atau juga rokoli bisa Anda jadikan salad, sup, atau tumisan sayur.


  • Wortel

Wortel mampu menghadang laju kolesterol darah. Wortel mengandung alkaloid, flavonoid, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, B, C dan D, juga betakaroten dan asam lemak tak jenuh ganda. Vitamin C pada wortel berkhasiaat sebagai antioksidan yang melindungi kolesteroll LDL dari proses oksidasi.


  • Labu Siam ( Jipang )


Labu siam tidak memiliki kandungan lemak jenuh, kandungan kalori pada labu siam saja jumlah sedikit. Labu siam dapat digunakan untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang tinggi. Dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi. Labu Siam dapat di konsumsi dengan cara di rebus.



  • Kangkung


Cara menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah dengan rutin mengkonsumsi sayuran hijau, termasuk kangkung. Mengkonsumsi kangkung secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta Trigliserida dalam darah.



  • Sawi


Sawi berfungsi untuk menurunkan kolestrol dan gula darah dalam tubuh. Di dalam saluran pencernaan, serat pada sawi akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama tinja. 

 Semakin tinggi mengkonsumsi serat sawi, maka akan semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh untuk mengurangi kolestrol. Serat pada sawi juga sangat berguna mencegah diabetes melitus dan terjadinya kanker kolon.


Diatas adalah beberapa contoh sayuran yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mengkonsumsi sayuran hijau sangat berguna untuk menurunkan kolesterol. 

No comments:

Post a Comment